Outbound Training “Dewi Pule”

DSC_0012Outbound Training atau Outbound Management Training adalah salah satu metode yang dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kerjasama dalam suatu kelompok melalui proses pembelajaran yang diperoleh secara nyata. Pada prakteknya, program ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa organisasi dalam suatu perusahaan melalui kegiatan di luar ruang (outdoor), dengan nuansa petualangan dan diisi dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dari suatu kelompok kerja.Yang dimaksud dengan usaha untuk meningkatan kualitas tersebut antara lain meningkatkan kepeminpinan individu dalam kelompok (leadership), kemampuan untuk berkomunikasi (communication skills), kemampuan untuk membuat dan mengeksekusi suatu rencana (planning), fleksibelitas dalam bekerja (change management), pendelegasian pekerjaan (delegation), teamwork, dan peningkatan motivasi (motivation).

Peserta kegiatan Outbound Training akan dibagi ke dalam beberapa regu dan diberi persoalan untuk dipecahkan bersama-sama dalam tenggang waktu yang ditentukan oleh instruktur. Hasil yang diperoleh serta hambatan yang dialami akan didiskusikan bersama-sama untuk mengidentifikasi apa-apa saja yang menjadi penghambat, lalu kemudian menyusun strategi untuk memecahkan persoalan yang diberikan berikutnya sambil mencoba efektifitas strategi tersebut. Demikian suatu regu harus mendapatkan peningkatan kerjasama dan individu yang mereka dapatkan sendiri dari setiap persoalan yang diberikan.

TUJUAN

Menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Yang diterjemahkan melalui experiential learning yang akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan dengan simulasi permainan. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas.

Tim dibangun dengan tujuan untuk membantu kelompok fungsional menjadi lebih efektif. Karena rasa individualisme dan persaingan atar pribadi relatif tajam dalam organisasi, maka tidak semua kelompok kerja dapat dikategorikan ke dalam suatu tim. Lima atau enam orang yang sedang menyelesaikan suatu proyek belum menjamin bahwa mereka bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan. Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas.

  • Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik
  • Saling percaya : Rasa saling percaya antar sesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, agar tim mampu bekerja secara efektif
  • Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang mampu menyatukan

anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan lebih produktif.

  • Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antar pribadi secara baik, bicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada, dan secara bersama menghadapi masalah. “Poor communication means no team”
  • Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi sangat lebih efektif daripada perorangan.

 METODE
Metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient) nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.

TEAM BUILDING TRAINING ?? Untuk Membentuk Kekuatan Tim  dalam Perusahaan atau Organisasi baik Swasta maupun Negeri, dewasa ini setiap perusahaan/organisasi menyadari kebutuhan akan sebuah kinerja tim yang tinggi. Namun, sebagian besar organisasi/perusahaan ini gagal dalam membangun tim yang kuat yang ber-kinerja tinggi. Berdasarkan penelitian yang panjang dan praktek selama bertahun-tahun, salah satu masalah umum yang dihadapi organisasi/perusahaan ini adalah kurangnya kebulatan kesadaran tujuan bersama. Untuk itu, dalam pelatihan/permainan di Outbound Dewi Pule mencoba untuk mencari dan mengamati sumber masalah yang ada untuk coba diserang-dan dihilangkan dengan permainan-permainan yang mengasikkan tanpa disadari oleh para peserta Outbound, yaitu untuk membentuk dan membidik “Tujuan Bersama”.

Selanjutnya, dalam membentuk tim peserta untuk kinerja tinggi, kami di  Outbound Dewi Pule fokus pada permainan pembelajaran berikut:

  1. Pengkondisian & Pengaturan Tujuan
  2. Penanaman keyakinan & percaya diri
  3. Komunikasi Tim
  4. Manajemen Tim
  5. Pemecahan masalah
  6. Teamwork & Motivasi
  7. Dinamika tim
  8. Refleksi & sistem umpan balik
  9. Synergy
  10. Komitmen ; Rencana Aksi

LIST KEGIATAN

  • · Welcome Drink + Snack
  • · Sambutan Pengelola Wisata
  • · Senam Pagi
  • · Outbound Training Dewi Pule

a.Ice Breaking
Ice Breaking digunakan untuk menghilangkan ketegangan peserta dan menstimulus antusiasme peserta untuk siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya.

b. Human Number
Di dalam group besar, energizer akan memberikan instruksi  kepada peserta untuk membentuk kelompok manusia sbb contoh: 1 untuk monas, 2 untuk ojek, 3 untuk becak, 4 untuk mawar mekar, 5 untuk dayung.

 c.Fun Games
Fun Games adalah jenis games yang digunakan untuk membuka personal block dan menggairahkan suasana pelatihan.

 d.Team Building Games
Games Team Building adalah games yang berkaitan dengan kemampuan personal dalam bekerjasama dengan orang lain.

e.  Effective Communication Games
Games yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang meliputi: komunikasi efektif, kemampuan mendengarkan dan memahami pendapat orang lain, serta pengeksplorasian gagasan.

f.Problem Solving Games
Games yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan sebuah permasalah yang dihadapi.

g.Synergy Games
Games yang digunakan untuk menyadarkan betapa pentingnya setiap bagian dalam sebuah perusahaan/organisasi.

  •  Berjalan Menuju Sungai Bedog dengan membawa balon disi Air
  •  Tracking Sungai

a.Jembatan Goyang
b.Titihan Bambu
c.Menyusup Jaring Laba-laba
d.Menyusup Ban
e.Menaiki Rintangan Ban
f. Gubug Hujan
h. Tangga Bendungan

  • · Menangkap Ikan
    Dilaksanakan dikolam dimana ikan  akan diberi pita bagi peserta yang mendapatkan
    Finish
  • · Publishing dan Penutupan

BIAYA

  • · Cas Biaya Perorang Rp. 80.000
  • · Fasilitas

–  Welcome Drink + Snack
 Outbound + Tracking Sungai
–  Makan dan Minum 1 Kali
–  Toilet, Masjid dan Mushola
 Parkir Free
Pemandu

  • · Tambahan Biaya :
    – Ikan Bawal        Per-Kg             Rp. 20.000
    – Ikan Nila            Per-Kg             Rp. 20.000
    – Ikan Tombro      Per-Kg             Rp. 50.000
    – Ikan Gurame      Per-Kg             Rp. 55.000
    – Ikan Tawes        Per-Kg             Rp. 27.000
    – Ikan Braskap      Per-Kg             Rp. 23.000
Pos ini dipublikasikan di Motivasi Trainer, News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s