Kelompok Sadar Wisata di Desa Wisata Pulesari

SAM_0039Sleman, 14 maret 2014
Kelompok Sadar Wisata atau  disingkat POKDARWIS Desa Wisata Pulesari ini merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan mensukseskan pembangunan pariwisata nasional. Dengan demikian kelompok sadar wisata merupakan kelompok yang tumbuh atas inisiatif dan kemauan serta kesadaran masyarakat sendiri guna ikut berpartisipasi aktif memelihara dan melestarikan berbagai obyek dan daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan di daerah.Pembangunan kepariwisataan diarahkan kepada peningkatan pariwisata menjadi sektor andalan yang mampu menggalang kegiatan ekonomi, termasuk kegiatan sektor lain yang terkait  sehingga lapangan kerja, pendapatan masyarakat, meningkat  melalui upaya pengembangan dan  pemberdayaan berbagai potensi kepariwisataan Nasional.
Pembangunan Kepariwisataan merupakan kegiatan lintas sektoral, karena itu suksesnya pembangunan kepariwisataan Nasional dan daerah sangat ditentukan oleh adanya dukungan  serta  partisipasi aktif seluruh lapisan  masyarakat, baik unsur pemerintah, pihak swasta  maupun masyarakat lainnya.
Maksud dan Tujuan
Buku Pedoman Pembinaan Pokdarwis ini dibuat dengan maksud dan tujuan untuk memberikan arah/acuan kepaada aparat Pemarintah Daerah di tingkat Kabupaten  Kecamatan dan Desa dalam melakukan pembinaan  terhadap kelompok  sadar wisata dengan tujuan agar tercipta persamaan  persepsi dalam melakukan  dan kegiatan pembinaan  Kelompok Sadar Wisata.
Keanggotaan
Karena Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelompok yang tumbuh dan berkembang atas inisiatif dan kemauan masyarakat sendiri dalam rangka melestarikan obyek dan daya tarik wisata dalam rangka  memajukan industri pariwisata di Desa Wisata Pulesari maka keanggotaan Pokdarwis tidak hanya terbatas pada mereka yang terlibat langsung dalam industri pariwisata, tetapi juga mereka yang secara tidak langsung ikut mendukung pembangunan di bidang kepariwisataan. Dengan demikian Pokdarwis dapat beranggotakan sebagai berikut:
a. Masyarakat yang mata pencahariannya berkaitan dengan penyediaan barang dan        atau jasa bagi kebutuhan wisatawan baik secara langsung maupun secara tidak              langsung.
b. Masyarakat yang tidak mata pencaharian sebagaimana tersebut  pada point                  (a), namun bertempat tinggal di sekitar Obyek/Daya tarik wisata atau wilayah lain     yang berkaitan dengan penyediaan barang atau jasa bagi kebutuhan wisatawannya     yang banyak dikunjungi  oleh wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.
Jumlah anggota setiap kelompok sadar wisata maksimum 50 orang, dan minimal 10 orang di setiap lokasi Desa wisata atau lokasi-lokasi  lainnya  yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal, nasional maupun wisatawan mancanegara. Dengan kata lain, di setiap Desa wisata atau tempat-tempat lain yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dapat dibentuk satu kelompok sadar wisata (Pokdarwis).
Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s