Dewi Pule Menjadi Tempat Jelajah Wisata Lereng Merapi 2014

1010028_688097074538850_1424094754_nSleman,16/07/2014
Jelajah wisata merupakan salah satu event wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Event yang bersifat ‘’Sport Tourism’’ atau wisata olah raga ini merupakan event tahunan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai daerah. Jelajah wisata dikemas dalam bentuk trekking (Bahasa Inggris: ‘’trek’’=melakukan perjalanan panjang dan berat), yakni jalan kaki menyusuri jalur jalan yang berlika-liku, naik-turun dengan rute yang menantang. Selama perjalanan menyusuri rute yang telah ditentukan tersebut peserta sekaligus dapat menikmati panorama alam yang ada disekitarnya.Jelajah Wisata tahun 2014 mengambil tajuk yang mengambil rute sepanjang kurang lebih 9 kilometermenyusuri alam lereng Merapi di sisi barat, start dan finish diDesa Wisata Pulesari. pendaftaran akan dibuka besok pada tanggal 21 juli 2014 dan akan ditutup pada tanggal 21 Agustus 2014 dengan biaya pendaftaran Rp.25.000 Kegiatan Jelajah dilaksanakan pada hari minggu 24 Agustus 2014.
Fasilitas yang diperoleh oleh setiap peserta Jelajah Wisata adalah :
1.T-Shirt
2.Konsumsi
3. Asuransi
4.Tim medis
5. Kupon undian untuk memperebutkan hadiah utama, dan Berbagai hadiah/ door prize menarik lainnya
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang mampu memberikan ‘’Multiplier effect’’ atau dampak ganda terhadap perkembangan perekonomian daerah. Di Kabupaten Sleman, sektor ini dapat memberikan sumbangan terhadap pendapatan asli daerah sebesar kurang lebih 20%.Atas dasar hal tersebut, sektor pariwisata perlu dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang optimal terhadap masyarakat dan pemerintah daerah. Pengelolaan sektor pariwisata tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah daerah, tanpa adanya dukungan dari para stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap sektor ini. Sinergitas antara pemerintah daerah, masyarakat dan pihak swasta/ stakeholder sangat diperlukan sehingga penaganan sektor pariwisata dapat ditangani lebih maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan Jelajah Wisata “ LERENG MERAPI – DEWI PULE 2014 ”  dilaksanakan bekerjasama dengan pengelola Desa Wisata Pulesari, di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.
Salah satu kegiatan dalam rangka pengembangan sektor pariwisata adalah promosi. Promosi yang dilakukan secara efektif tentu akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan sektor ini. Promosi yang dilakukan dalam bentuk event kegiatan dinilai merupakan salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk pariwisata, mengingat kegiatan ini akan melibatkan massa atau masyarakat dalam jumlah besar. Dampak dari penyelenggaraan event ini di desa wisata Pulesari diharapkan sebagai salah satu promosi bagi potensi pariwisata desa wisata Pulesari dan sekitarnya, sehingga akan semakin di kenal oleh masyarakat luas
Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

3 Balasan ke Dewi Pule Menjadi Tempat Jelajah Wisata Lereng Merapi 2014

  1. Budiraharjo berkata:

    Mas kasih tahu dong jalan menuju Desa Wisata Pulesari agar peserta jelajah wisata tdk kesulitan mencari lokasinya….

  2. Budiraharjo berkata:

    mungkin ada teman teman luar kota yang mau datang sore, bisa nginap di homesty ya mas oke semoga sukses acaranya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s