Penguatan Kapasitas SDM Bagi Masyarakat Pulesari

CYMERA_20141105_145057Sleman, 5/11/2014
Pelatihan penguatan kapasitas SDM masyarakat sangat dibutuhkan dalam perkembangan pariwisata dipulesari. Perkembangan desa wisata sangat begitu pesat terkhusus di kabupaten sleman tetapi dalam hal ini bisa dilihat hanya beberapa yang eksis dan bisa dikatakan tinggal nama saja dalam persaingan pariwisata. kegiatan ini dengan harapan masyrakat pulesari memiliki dampak yang baik memberikan wawasan pengetahuan kemudian dapat  berdaya bersaing dan eksis untuk keberlangsungan pariwisata.
Didik Irwanto, selaku pengelola mengatakan bahwa kegiatan ini baru dilaksanakan satu kali ini selama desa wisata diresmikan yang telah berlangsung selama dua tahun yang diperuntukan bagi seluruh masyrakat. Karena seluruh masyrakat belum pernah mendapatkan pelatihan sebelumnya. memang kegiatan ini sudah menjadi program kerja pengelola untuk memberikan pemahaman

pariwisata bagi masyrakat terkait dengan masyarakat yang berawal dari agroculture menuju masyrakat tourism.
Keterlibatan pelatiahan ini diikuti oleh Dukuh, RW/RT. Tokoh Masyrakat, Karang Taruna, Dhasa Wisma, PKK dan Masyarakat. Keterwakilan dari elemen masyarakat ini sebagai wujud kepedulian masyrakat yang ingin mendukung penuh dengan ada pariwisata. acara dimulai dari pukul 09.30 sampai dengan 16.00 WIB dan antusias dari peserta pelatihan sangat tinggi dalam mengikutinya.
Program pelatihan ini merupakan hasil kerjasama pengelola desa wisata pulesari dari LOS (Lembaga Ombusmen Swasta) D.I.Yogyakarta dan PUSPAR (Pusat Studi Pariwisata) UGM yang memberikan materi tentang :

  1. Pelatihan Sadar Wisata harapanya merupakan menjadi jiwa bagi masyarakat dengan pengamalan SAPTA PESONA (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah,Kenangan).
  2. Etika Bisnis Pariwisata dengan usaha yang baik harapan masyrakat memiliki nilai-nilai seperangakat nilai kebaikan, tanggung jawab, kejujuran, keadilan, keterbukaan dan tidak memaksa wisatawan dengan cara bebisnis etis
  3. Menyiapkan Diri Menjadi Pemandu Wisata dengan harapan memahami betul tentang informasi yang disampaikan kepada wisatawan dan bertanggung jawab ketika mengandel wisata yang berkunjungan
  4. Menciptakan Bisnis dan strategi menyusun kerangka kegiatan

Dengan harapan kegiatan ini menjadikan sebuah pengalaman baru bagi masyrakat dengan program kerja pelatihan ini.

Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s