Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya, Tari Salak Pondoh

IMG_7738Desa Wisata di D.I. Yogyakarta ini mencakup beragam jenis dan pelayananya. didalam Peraturan Daerah. No.01/2012 menyebutkan pembangunan kepariwisataan DIY memiliki Visi sebagai destinasi pariwisata berbasis budaya, terkemuka Asia Tenggara, berkelas Dunia, berdaya sain, berkelanjutan mampu mendorong pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Membangun desa lewat pariwisata dipandang lakah yang sangat strategis sebagai simpul penggerak wilayah. pemanfaatan wilayah pedesaan sebagai Daya tarik wisata adalah jawaban terhadap urgensi pengembangan wilayah  sebagai strategi pemerataan pertumbuhan antar wilayah. Secara Kuantitatif maraknya Desa Wisata yang lahir memberikan gambaran positif bahwa desa-desa wisata dapat  menjadi salah satu elemen pokok untuk merealisasi keistimewaan D.I.Yogyakarta.

Upaya keanekaragaman pertumbuhan Desa Wisata di DIY sebagai Destinasi yang memiliki keragaman Atraksi Wisata, terutama dengan basis Commu ity-based tourism. fakta memperhatikan bahwasanya Desa Wisata di DIY secara Nyata Memberikan kontribusi pada penambahan daya tarik memang tidak dapat dipungkiri bahwa secara menyakinkan pariwisata telah memberikan pengaruh besar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Salah satu Desa Wisata yang Berbasis Alam dan Budaya di  Desa Wisata Pulesari memiliki ciri khas yang berada dikawasan salak pondoh, kemudian mempunyai sebuah inovasi dalam upaya menjadikan daya tarik wisatawan ingin berkunjung kepulesari dengan menampil sebuah seni pertunjukan “Tari Salak Pondoh Lereng Merapi” , ketika berbicara masalah Gunung Merapi Pasti akan Mencari Lereng Merapi dan Ketika Orang ini Ke Kabupaten Sleman Mencari Salak atau melihat pemandangan salak pondoh pasti diwilayah kecamatan turi.

hal sederhana konsep dalam pengembangan pariwisata yang ada di desa wisata pulesari, semua itu tidak dapat terwujud secara instan akan tetapi perlu melaui proses yang cukup panjang untuk menjadikan sebuah Desa mejadi kawasan pedesaan berbasis masyarakat dan masih banyak lagi pontensi-potensi yang ada di Desa Wisata Pulesari.

Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s