Homestay Punya Standarisasi, Dinas Pariwisata DIY Mengkaji

DSC_0006Sleman,21/6/15
Dinas Pariwisata DIY melakukan kajian dengan kondisi real dengan adanya Standarisai Homestay yang telah dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sejumlah team komponen yang ditunjuk oleh Dinas Pariwisata DIY diturunkan survai langsung di perwakilan Desa Wisata yang ada di DIY salah satunya adalah Desa Wisata Pulesari, team perwakilan yang ditunjuk meliputi dari JTTC (Jogja Tourism Training Center), Hotel Ina Garuda, Desain Interior ISI Yogyakarta, Ahli Gizi dan Arsitektur. Setelah melakukan survai kajian dilapangan akan dilaksanakan FGD (Forum Group Discusion) untuk membahas lebih detail lagi kaitanya dengan pelayanan jasa akomodasi Home Stay.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyusun standarisasi usaha dan kompetensi tenaga kerja untuk “homestay” sebagai acuan dalam pengelolaan jasa pelayanan akomodasi pariwisata di Indonesia. standarisasi homestay disusun dengan mempertimbangkan standarisasi serupa di ASEAN yang juga sedang dalam proses penyusunan.

Homestay memiliki prospek yang baik karena banyak wisatawan yang sangat tertarik. Konsep homestay ini kan artinya stay at home sehingga wisatawan bisa tinggal dengan pemilik rumah atau induk semang jadi bisa menikmati, mengalami, dan praktek adat budaya kearifan lokal setempat secara langsung, Desa Wisata Pulesari Telah Mengembangkan Homestay sebagai jasa akomodasi dalam mendorong prospek kegiatan pariwisata pedesaan.

Keberadaan rumah tinggal sementara pada saat ini, lebih cenderung mengarah pada bisnis murni atau money oriented sebagai bagian dari proses implementasi sosial ekonomi. Sehingga setiap orang yang menggarap sektor ini sudah memikirkan dan paham betul bagaimana mengkemas sebuah home stay agar menarik bagi calon penghuninya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s