Seniman R Bambang Nursinggih Luncurkan Geguritan “Pulesari”


12662435_926570407411274_2284373664420664603_n_2Sejumlah sastrawan dan para pemerhati budaya Yogyakarta berkumpul bersama di Desa Wisata Pulesari malam ini (03/02/2016), Seorang Seniman sastra R Bambang Nursinggih akan membacakan karya Geguritan yang telah dibuatnya berjudul “Pulesari” adanya gua alam menjadi saksi bisu dan tempat dimana Geguritan itu akan dibaca. upaya ini sebagai tahap awal kolaborasi sastra dengan desa wisata. Potensi Wisata alam dan budaya yang dimiliki harus menginspirasi gerak peradaban, kata Dr .Aprinus Salam Kepala Pusat Study Kebudayaan UGM. selanjutnya alam, lingkungan dan budayamu di Desa Wisata Pulesari mari kita kolaborasi untuk mengembangkan dan mempopulerkanya Kata, Wahjudi Djaja, S.S., M.

Geguritan yang berjudul ” Pulesari ” Dening R Bambang Nursinggih menggambar sebuah peradapan kehidupan warga masyarakat pulesari, yang telah dikemas dalam sebuah sastra seni bernilai tinggi diharapkan bisa menjadikan sebuah inspirasi bersama dan dapat menanamkan nilai-nilai dasar percontohan atau Tuladha bagi masyarakat.

Geguritan dengan sebuah istilah dalam Bahasa Jawa, dalam bahasa indonesia menyebut adalah PUISI. secara sederhana Geguritan itu puisi berbahasa jawa. Geguritan tidak jauh berbeda dengan membaca puisi di dalamnya terdapat unsur-unsur membaca indah :
a. Intonasi suara, penekanan suara
b. Lafal Suara, kejelasan dalam pengucapan
c. Ekspresi, Ungkapan perasaan isi

Acara ini difasilitasi oleh Pusat Study Kebudayaan UGM dan digelar untuk melanjutkan amanah budaya nenek moyang sekaligus juga menumbuh-kembangkan kekayaan seni sastra budaya sendiri agar kearifannya bisa dijadikan bekal generasi muda guna pembentukan karakter dengan nilai-nilai budaya.

 

Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s