Pulesari Mengikuti CBT Award ASEAN

img-20161005-wa0037_1475673560328Sleman, 5 (10) 16
CBT Award ini merupakan salah satu program bentuk penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata RI dalam upaya memberikan sebuah apresiasi kepada pelaku atau komunitas yang telah melaksanakan serta menjalankan aktifitas bisnis kegiatan pariwisata di Indonesia. CBT ini berkonsep pada sebuah pariwisata melalui pemberdayaan berbasis masyarakat atau komunitas. Dalam kesempatan ini Desa Wisata Pulesari ditunjuk oleh Dinas Pariwisata DIY menjadi salah satu perwakilan dari Yogyakarta berpartisipasi dalam mengikuti CBT Award ASEAN yang telah dilakukan kompetisi penilaian dari Tim Dewan Juri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang telah datang berkunjung di Desa Wisata Pulesari Rabu, 5(10) Ujar Didik Irwanto (27) Sebagai pengelola Desa Wisata Pulesari.Kebanggaan yang  cukup sangat disyukuri bersama bahwa dalam kesempatan ini masyarakat warga Pulesari mendapatkan sebuah apresiasi untuk bergabung dalam kompetisi untuk mendapatkan CBT AWARD.

Community Based Tourism yaitu adalah :
1). Bentuk pariwisata yang memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk mengontrol dan terlibat dalam manajemen dan pembangunan pariwisata,
2). Masyarakat yang tidak terlibat langsung dalam usaha usaha pariwisata juga mendapat keuntungan,
3). menuntut pemberdayaan secara politis dan demokratisasi dan distribusi keuntungan kepada communitas yang kurang beruntung di pedesaan/pesisir dan pulau-pulau kecil.

Hasil seleksi evaluasi tim juri CBT Award ini nantinya akan menjadi perwakilan pelaku usaha bisnis pariwisata Indonesia setelah melalui proses seleksi Tim Evaluasi Nasional yang akan di kirim di tingkat ASEAN dalam event CBT Award 2017 yang direncanakan dilaksanakan di Singapoera.

 

Pos ini dipublikasikan di News Desa Wisata. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s